Pernahkah kalian berpikir kenapa harus merawat AC 3 bulan sekali secara berkala? Kenapa tidak 6 bulan atau bahkan 1 tahun? Kadang kita tidak sadar bahwa AC adalah perabotan rumah tangga yang sangat mudah bermasalah dan kotor jika kita tidak merawatnya dengan benar. Banyak jenis kerusakan akibat tidak rutin merawat AC, antara lain adalah AC tidak dingin, air AC yang menetes, serta AC mengeluarkan suara. AC membutuhkan waktu minimal 3 bulan sekali untuk dilakukan perawatan, hal itu akan menjaga AC tetap dingin, awet dan memperpanjang usia AC.

Merawat AC tidak cukup hanya dengan membongkar dan melihat bagian dalamnya saja, butuh kejelian dan pengalaman untuk dapat menemukan sumber masalah yang terjadi pada AC tersebut. Berikut alasan penting kenapa harus rutin merawat AC;

  1. Menumpuknya debu
    Menumpuknya debu dan kotoran didalam AC dapat menghambat saluran pembuangan air di dalam AC. Selain itu debu yang menumpuk dapat menyebabkan bagian dalam AC berjamur dan mengeluarkan udara kotor yang dapat menganggu pernafasan. Pastikan saringan udara, kipas (blower) dan evaporator bebas dari debu dan kotoran.

  2. Freon mengalami kebocoran
    Beberapa masalah yang menimbulkan freon mengalami kebocoran yaitu debu dan kotoran yang menumpuk, sehingga menyumbat pipa saluran. Pipa Saluran tersebut berfungsi untuk menyalurkan udara yang keluar dari AC. Untuk mengetahui jika AC yang rusak disebabkan oleh freon yang bocor dengan mengecek apakah ada bekas oli pada daerah kebocoran. Jika terdapat oli di titik kebocoran sudah dipastikan bahwa Freon sedang bermasalah.

Itulah alasan mengapa kita harus minimal 3 bulan sekali untuk merawat AC secara berkala. Selain itu dari segi kesehatan pun sangat membenarkan mengapa kita harus membersihkan rutin 3 bulan sekali terhadap AC, karena jamur yang ditimbulkan oleh debu yang menumpuk didalam AC akan menimbulkan bakteri. AC yang menyala biasanya mewajibkan ruangan tertutup agar udara dingin yang keluar dapat lebih terasa, bayangkan jika hal itu terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin hal itu dapat menjadi peradangan pada paru-paru kita karena kita harus menghirup udara yang berasal dari AC yang kotor dan tidak pernah dirawat.