Banyak hal yang dapat membuat pipa saluran air kamu tersumbat (Baca juga; Benda-Benda Yang Dapat Membuat Pipa Air Tersumbat), jika hal ini sudah terjadi maka hal yang harus kamu lakukan satu-satunya adalah memperbaiki kerusakan yang terjadi. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sendiri sebelum kamu memutuskan untuk memanggil teknisi dalam hal perbaikan pipa air kamu.
Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan untuk mencoba memperbaiki pipa saluran air yang tersumbat dirumah kamu;

  1. Garam
    Garam adalah salah satu pelarut yang ampuh untuk melancarkan pipa yang tersumbat. Caranya; Campurkan setengah kilo garam dapur dengan 5 liter air panas. Tunggu beberapa menit hingga garam larut. Tuangkan seluruh larutan panas tersebut ke saluran yang tersumbat secara perlahan. 3 jam kemudian guyur saluran dengan air untuk test apakah air sudah bisa keluar. Cara ini efektif untuk menghancurkan penyumbat yang tidak bandel pada wastafel, wc, kloset, cucian dapur. Metode ini hanya untuk pipa berbahan logam atau metal.
  2. Air Mendidih
    Air Mendidih ampuh untuk mengurangi sumbatan yang ringan seperti timbunan lemak, tumpukan sabun, gumpalan rambut yang kusut. Perhatian: cara yang satu ini dikhususkan bagi pipa yang terbuat dari logam atau metal. Tidak berlaku untuk pipa paralon pvc karena adanya kemungkinan pipa meleleh karena suhu air yg panas. Caranya, masak air sebanyak 1 panci besar atau sesuai perkiraan Anda kira-kira sampai mendidih. Tuangkan secara perlahan ke saluran wastafel yang tersumbat. Lakukan berulang kali sampai semua penyumbatnya menjadi larut.
  3. Soda Api
    Siapkan soda api yang banyak tersedia di toko bangunan. Kuras & pastikan tidak ada genangan air di mulut pipa. Tuangkan soda api ke dalam saluran pipa (tidak ada takaran pasti) lalu siram perlahan dengan air panas. Hati-hati saat menyiram, pastikan jauh dari wajah Anda karena soda api akan bereaksi ketika disiram air panas. Setelah beberapa menit, siram dengan air biasa untuk memastikan apakah saluran air telah kembali normal. Siram kembali dengan air panas (tanpa soda api) jika dirasa air belum lancar mengalir. Cukup ampuh & cepat untuk mengatasi noda bandel seperti lemak, kerak pada dinding pipa, bakteri, sabun, rambut, dll. Metode ini bisa diterapkan untuk saluran wc, cucian piring, septic tank, saluran pembuangan air lainnya. Peringatan, lakukan secara perlahan & jauhkan dari wajah.
  4. Cuka & Soda Kue
    Siapkan cuka putih & baking soda yang tersedia di dapur Anda. Kuras & pastikan tidak ada genangan di mulut pipa. Tuangkan baking soda beberapa sendok makan, tuangkan cuka perlahan. Cuka & soda kue akan bereaksi membentuk busa yang akan menghancurkan gumpalan penyumbat.Lakukan berulang kali hingga saluran air kembali lancar. Metode ini hanya digunakan untuk sumber penyumbat yang ringan.

Pastikan untuk selalu menjaga pipa saluran air kamu agar terhindar dari benda-benda yang dapat membuatnya tersumbat dan dapat membuat pipa air rusak.