Menggunakan vacuum cleaner membuat Anda lebih praktis dalam membersihkan rumah dan menjadi lebih mudah untuk membersihkan rumah, karena dengan menggunakan vacuum cleaner Anda bisa menjangkau tempat yang sulit dibersihkan dan kotoran yang sulit dibersihkan apabila Anda menggunakan sapu. Akan menjadi nilai lebih jika Anda menggunakan vacuum cleaner otomatis yang bisa membersihkan sendiri tanpa bantuan tenaga Anda. Vacuum cleaner juga merupakan mesin sama pada benda elektronik lainnya yang perlu perawatan rutin dengan skala yang teratur agar vacuum cleaner Anda bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Ada beberapa catatan ketika Anda menggunakan vacuum cleaner. Tidak semua jenis kotoran bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner, karena mesin pada vacuum cleaner akan bekerja ekstra untuk membersihkan benda yang tidak dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Kinerja vacuum cleaner Anda kian melambat dari waktu ke waktu dan nantinya akan mengalami kerusakan yang tidak bisa digunakan untuk jangka panjang. Jika ingin vacuum cleaner Anda ingin lebih awet, sebaiknya hindari membersihkan benda-benda berikut yang bisa membuat kerusakan pada vacuum cleaner.

1. Bubuk Olahan

Sebaiknya jangan bersihkan menggunakan vacuum cleaner, karena seperti bubuk kopi, kosmetik, tepung dan sagu sebaiknya jangan dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Memang untuk kapasitas bubuk masih bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, tapi ada dampak yang diberikan jika membersihkan bubuk olahan dengan vacuum cleaner. Penampung kotoran vacuum cleaner Anda bisa berjamur akibat bubuk olahan yang sudah kadaluarsa dan bisa menyumbat filter vacuum cleaner Anda. Sebaiknya dihindari agar vacuum cleaner Anda tidak mengalami kerusakan yang berlanjut.

2. Makanan Basah

Apabila ada makanan basah yang jatuh ke lantai rumah Anda, jangan dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Faktor makanan basah bisa membuat vacuum cleaner Anda mengalami korsleting atau gangguan arus listrik yang bisa berbahaya. Bisa saja tegangan arus listrik menjalar ke bagian vacuum cleaner dan melukai Anda yang menggunakan vacuum cleaner manual. Penyebab yang diberikan dengan membersihkan menggunakan vacuum cleaner adalah mesin vacuum cleaner Anda akan mengalami kelambatan dalam sistem daya hisap.

3. Pecahan Kaca

Jika vacuum cleaner Anda ingin digunakan dengan waktu yang lama, jangan pernah mencoba membersihkan pecahan kaca menggunakan vacuum cleaner. Karena kerusakan akibat membersihkan pecahan kaca menggunakan vacuum cleaner bisa menghambat daya hisap pada vacuum cleaner Anda. Daya hisap yang diberikan vacuum cleaner Anda tidak maksimal, bisa saja pecahan kaca tersebut tersangkut atau menancap pada bagian vacuum cleaner.

4. Tanah

Jika terdapat tanah atau lumpur kering pada karpet Anda, jangan pernah mebersihkan menggunakan vacuum claner Anda. Hal ini akan mengakibatkan vacuum cleaner Anda akan mengalami kerusakan pada bagian motor penggeraka. Serta tanah yang lembab akan membuat filter pada vacuum cleaner Anda susah dibersihkan, karena kerak dari tanah yang menempel pada vacuum cleaner Anda.

5. Rambut

Aneh memang membacanya jika ada orang yang membersihkan rambut menggunakan vacuum cleaner. Maksudnya jika ada rambut rontok yang berjatuhan di lantai akan sulit dibersihkan, karena sekilas tidak terlihat. Jika rambut dibersihkan menggunakan vacuum cleaner akan membuat rambut menempel pada bagian dalam vacuum cleaner. Hal ini bisa merusak vacuum cleaner Anda secara perlahan nantinya.