Semakin panasnya cuaca di Indonesia akhir-akhir ini, AC menjadi solusi untuk mengatasinya. Tidak sedikit pula orang yang memutuskan untuk memasang AC di rumahnya karena alasan cuaca yang panas. Karena tingginya tingkat penggunaan AC, terkadang tanpa sadar kita telah menggunakannya berlebihan sehingga menyebabkan AC menjadi cepat rusak. Lalu, bagaimana cara agar AC awet dan tidak cepat rusak? Yuk simak tips berikut ini!

1. Pastikan ruangan tertutup rapat

Hal ini memang terlihat sepele, namun, membiarkan pintu terbuka saat AC sedang menyala dapat memperberat kerja AC lho, Yoobro & Yoosis!

2. Mulai dari 25°

Seperti kebanyakan alat elektronik lainnya, AC butuh proses saat menyala. Jika anda langsung mengatur suhu rendah saat AC baru pertama dinyalakan, hal ini juga dapat memperberat kerja AC dan menyebabkan AC cepat rusak.

3. Gunakan dry mode saat udara lembab

Dry mode akan menstabilkan kelembaban udara di ruangan dan menjaga suhu udara tetap adem. Saat udara menjadi kering, dry modeakan otomatis berubah menjadi mode meniup angin namun tanpa menjalankan kompresor sehingga tidak memerlukan banyak listrik.

4. Tidak mematikan AC jika hanya keluar ruangan sebentar

Dibutuhkan daya yang lebih besar saat menyalakan AC pertama kali daripada menyalakannya seacara konstan, maka dari itu biarkan saja AC terus menyala jika anda hanya keluar ruangan sebentar.

5. Tidak terlalu sering menggunakan mode powerful

Mode ini membuat kompresor dan kipas bekerja lebih keras dari kondisi normal dan menyebabkan tingginya tagihan listrik.

6. Gunakan AC yang memiliki sensor manusia atau sensor gerak

AC jenis ini akan secara otomatis mengurangi kerja kompresornya saat tidak ada pergerakan dan tidak banyak orang di ruangan sehingga dapat membuat AC anda lebih awet dan tagihan listrik lebih hemat.