Membersihkan dinding rumah adalah hal yang sangat jarang kita lakukan. Hal ini biasanya kita lakukan saat terdapat noda terlihat di dinding seperti noda banjir atau noda minuman yang tidak sengaja tumpah mengenai dinding. Noda-noda tersebut memang cukup mudah dihilangkan, tetapi bagaimana dengan noda seperti lipstick atau spidol yang menempel di dinding? Jalan satu-satunya adalah dengan mengecat ulang dinding untuk menutupi noda yang sulit dihilangkan tersebut.
Jika ingin membersihkan noda pada dinding tanpa mengecatnya ulang dapat dilakukan dengan cairan zat-zat tertentu, tetapi jika tidak hati-hati juga dapat merusak cat dan membuat cat terlupas. Kita dapat membersihkan noda alami dengan lebih aman.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan noda membandel pada dinding tanpa merusak cat dinding;

  1. Cuka
    Banyak yang mengetahui bahwa cuka adalah bahan alami yang mempunyai banyak fungsi, salah satunya adalah untuk membersihkan noda yang ada pada dinding. Caranya tuang cuka ke spons bersihkan dengan gerakan memutar.
  2. Sari Lemon
    Lemon sangat ampuh untuk membersihkan noda-noda yang berbahan minyak atau lemak. Caranya cukup dengan campurkan sari lemon dan air lalu usap menggunakan spons pada dinding yang bernoda.
  3. Baking Soda
    Sama halnya dengan cuka, baking soda juga merupakan bahan alami yang dapat diaplikasikan kemana saja termasuk dinding yang kotor. Caranya campurkan satu sendok baking soda ke dalam setengan ember air bersih, dan celupkan spons lalu bersihkan dinding menggunakan spons hingga noda hilang.

Semoga ulasan diatas dapat membantu dalam memilih bahan alami dan lebih aman untuk membersihkan noda pada dinding.