Bak pencucian piring atau wastafel bukan tempat yang bisa dijadikan tempat pembuangan sampah, baik sampah bekas makanan atau sampah dapur lainnya. Hal itu memang sepele tetapi akibatnya bisa sangat fatal bila dilakukan secara terus-menerus. Makanan yang dibuang di tempat pencucian piring dapat menyumbat saluran pipa dan membuat air tidak dapat mengalir dengan lancar.
Pastikan Anda tidak membuang jenis-jenis sampah makanan berikut:

  1. Minyak Goreng. Minyak adalah sampah yang paling sering dibuang ke bak pencuncian piring, padahal minyak yang bertemu sampah lainnya akan mengendap dan menjadi lumpur mengakibatkan saluran air menjadi tersumbat.
  2. Ampas Kopi. Kopi sebetulnya tidak benar-benar larut di dalam air, kopi yang bercampur minyak atau lemak lainnya akan melapisi pipa saluran air, dan membuat pipa tersumbat.
  3. Sisa Nasi. Nah, sisa nasi adalah sampah dapur yang paling sering ditemukan pada bak pencucian piring. Nasi yang sedikit tidak akan membuat saluran pipa tersumbat, tapi bagaimana jika anda melakukannya secara terus-menerus, hal itu dapat membuat nasi menumpuk dan terjadi penyumbatan.
  4. Sisa Tulang Ayam. bahkan bila tulang dapat larut tetap saja itu dapat tersumbat di dalam pipa. Sampah tulang sangat lama dihancurkan. Hal itu dapat membuat pipa yang berada di dalam bak pencucian piring rusak.

Mulailah dengan hidup sehat, dan hindari hal-hal yang dapat merusak peralatan yang ada di rumah Anda.