Ketika tengah membangung atau merenovasi rumah, Anda tentu dibingungkan dengan harus memilih cat dinding rumah yang Anda inginkan. Memang dengan Anda mengecat dinding rumah Anda agar terkesan berwarna dan tidak terlihat seperti rumah kosong yang tidak berpenghuni.

Mungkin Anda perlu mencari informasi kembali, bahwasannya warna cat dinding bukan sekedar tampilan atau hiasan pada dinding rumah Anda saja. Banyak hal pada kegunaan mewarnai dinding rumah Anda dengan cat, warna-warna pada cat juga mempunyai fungsi-fungsi khusus pada dinding rumah Anda. Berikut merupakan fungsi warna cat pada dinding rumah Anda.

Terhindar Dari Debu dan Kotoran

Ini mungkin langkah praktis jika Anda sulit untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada dinding rumah Anda. Beberapa produk cat kini sudah berinovasi dengan mencegah dinding rumah Anda terkena debu dan kotoran. Hal itu membuat dinding pada rumah Anda mudah untuk dibersihkan jika terdapat debu dan kotoran.

Tahan Jamur dan Bakteri Lain

Cat yang merupakan bahan kimia ini sangat tidak disukai oleh oragnisme seperti jamur dan bakteri. Dalam hal ini, dengan mengecat dinding rumah Anda akan mencegah dinding dari kerusakan dan dihinggapi jamur dan bakteri. Biasanya, dinding akan diberi penambpahan lapisan cat khusus untuk anti jamur.

Perlindungan Dari Air

Dinding yang terkena air akan cepat membuat kerusakan dan keretakan. Air bisa menyebabkan kecepatan pada proses pelapukan dan tumbuhnya bakteri dan jamur pada dinding. Bisa Anda bandingkan sendiri dengan kayu yang dicat dan tidak. Kayu yang dicat akan mengalami tahan lama dari pembusukan yang diakibatkan lapisan cat yang melindungi kayu.

Perlindungan Dari Sinar Matahari

Pancaran sinar matahari dapat merusak lapisan luar pada dinding menjadi kasar dan menyebabkan warna cat menjadi pudar. Dengan adanya cat yang bisa menahan sinar matahari, dinding maupun kayu tidak langsung terpapar sinar matahari. Anda hanya perlu mengecat dinding atau kayu tanpa harus membuat dinding dan furnitur lainnya.