Akan sangat mengesalkan jika kita sedang berkumpul dengan keluarga atau sedang ada tamu yang berkunjung ke rumah tetapi terdapat hama di rumah kita. Hama yang ada di rumah biasanya terdiri dari tikus, kecoa, lalat, nyamuk dan berbagai macam serangga lainnya. Selain mengganggu kenyaman tamu dan keluarga, juga dapat menganggu kesehatan penghuni rumah. Berbagai macam produk mulai dari hal sederhana seperti kapur barus (kamper) hingga pengasapan kadang tidak terlalu mutahir untuk menghilangkan bibit-bibit hama yang ada di rumah. Berikut adalah bahan alami yang bisa kalian coba untuk membersihkan rumah sendiri dari tikus, kecoa, lalat dan nyamuk yang sangat menganggu.

  1. Daun Mint
    Cara yang pertama cukup mudah, gunakan beberapa lembar daun mint lalu ambil sarinya dan larutkan di dalam air. Setelah selesai, semprotkan cairan tersebut ke tempat-tempat yang sering dilalui tikut atau kecoa. Bau daun mint yang segar sangat tidak disukai oleh tikus dan kecoa.
  2. Baking Soda
    Cara kedua ini cukup unik, cukup campurkan saja bubuk baking soda dimakanan yang akan dijadikan untuk perangkap tikus, kecoa, lalat atupun nyamuk. Reaksi baking soda akan membuat tikus dan serangga lainnya susah untuk buang gas. Hal itu akan membunuh tikus dan serangga secara alami.
  3. Daun Salam
    Bumbu dapur yang satu ini cukup mudah untuk di jumpai di pasar. cara penggunaannya cukup letakan beberapa lembar daun salam di sudut-sudut yang sering dilewati oleh tikus dan kecoa, karena mereka sangat tidak suka dengan bau dari daun salam ini.
  4. Mentimun
    Potong mentimun dan masukan ke dalam alumunium, bau dari mentimun sangat tidak disukai oleh kecoa.
  5. Bunga Melati
    Bunga melati yang sangat kita sukai baunya ternyata tidak disukai oleh kecoa dan tikus. Iris bunga melati menjadi kecil-kecil lalu taburkan di area kecoa berkumpul. Hal itu akan membuat kecoa dan tikus tidak nyaman.