Sudahkah merasa rumah Anda bersih bebas dari kotoran yang menempel di lantai, dinding, atap, dan perabotan rumah Anda. Kalau masih terdapat lumut membandel di lingkungan rumah Anda, itu menandakan bahwa Anda harus lebih rajin dalam membersihkan rumah Anda agar terhindar dari lumut.

Lumut biasanya akan muncul di tempat yang basah dan lembab, terlebih lagi sekarang yang sudah memasuki musim penghujan. Lebih  baik Anda segera menangani lumut di rumah, karena lantai akan licin apabila terdapat lumut dan itu berbahaya bagi anak-anak. Berikut beberapa cara menghilangkan lumut yang berada di rumah Anda :

Air Garam

Menggunakan air garam dapat menghilangkan lumut membandel di Rumah Anda. Cukup dengan memanaskan air bersih dan tambahkan garam dapur sekitar tiga sendok makan. Setelah itu, tinggal siramkan air garam ke permukaan yang terdapat lumut seperti di dinding dan lantai rumah. Cara ini harus dilakukan berulang-ulang agar lumut yang menempel benar-benar hilang.

Baking Soda

Cara ini terbilang mudah, hanya dengan mencampur air dan baking soda lalu tinggal digosok ke permukaan yang terdapat lumut. Baking soda cukup mudah dicari, tinggal beli di toko kue terdekat. Dengan cara ini Anda hanya cukup sekali percobaan, karena kandungan asam pada baking soda dapat membersihkan lumut hingga ke akar. Efeknya akan membuat permukaan dinding menjadi terkelupas, serta hindari penggunaan baking soda untuk bahan granit, keramik, marmer dan kayu.

Air Kapur

Hampir serupa dengan baking soda, cukup mencampurkan air dengan kapur dan setelah itu disiram ke permukaan lantai atau dinding yang berlumut. Namun pada metode ini, Anda harus mendiamkannya semalam dan efeknya baru terlihat. Tinggal gosok dan bilas hingga lumut terangkat dari permukaan. Disarankan untuk membeli kapur yang tersedia di toko material atau toko bangunan.

Sabun Cuci Piring

Cara ini cukup mudah dan aman digunakan untuk dinding dan lantai rumah Anda. Tinggal gosokkan sabun cuci piring menggunakan spongeatau alat sikat lainnya. Perlu Anda perhatikan, gosok lantai dan dinding dengan teliti agar benar-benar terlihat bersih dari lumut. Cara ini memang memakan waktu, tergantung seberapa cekatan anda membersihkannya.

Pemutih Baju

Cukup celupkan pemutih baju ke air, sesudah itu siramkan larutan yang sudah tercampur ke bagian lantai dan dinding yang berlumut. Gosok dan sikat lantai atau dinding hingga semua bersih bebas dari lumut, setelah itu tinggal bilas menggunakan air.