Hama merupakan hewan yang sering mengganggu dan merugikan orang-orang, baik dirugikan secara ekonomis maupun segi kebersihan. Seperti hama pada tanaman yang biasanya merugikan para petani atau perawat tanaman yang dirugikan karena tanamannya mati atau habis dimakan oleh hama hewan yang mengganggu.

Jika biasanya hama ditemukan di tanaman atau area perkebunan dan pertanian, hama juga ditemukan di area rumah. Biasanya hama yang muncul di area rumah disebabkan oleh tidak bersihnya rumah dan buruknya pengelolaan sampah di rumah yang membuat hama muncul. Di bawah ini merupakan contoh lima hama yang mengganggu dan merugikan di sekitar rumah :

Kecoa

Jika terdapat kecoa di rumah Anda itu menandakan bahwa area rumah Anda masih kotor dan berlembab. Pasalnya kecoa sangat menyukai tempat yang kotor, berantakan dan memiliki suhu ruangan yang hangat dan berlembab. Kecoa ini dianggap menjijikan dan mengganggu karena biasanya terdapat di area tempat sampah yang kotor dan jorok.

Kecoa merupakan hama yang membawa penyakit ke dalam rumah, mulai dari diare, tifus, hepatitis, hingga keracunan pada makanan yang dihinggapi. Jika ingin mengusir kecoa, ada baiknya untuk menghindari kontak langsung dan jangan diinjak tanpa alas kaki. Pasalnya di tubuh kecoa terdapat larva atau bakteri yang bisa masuk lewat pori-pori pada kaki.

Pastikan selalu membersihkan benda-benda dan sisa-sisa sampah di rumah. Selalu tutup makanan Anda atau masukkan kedalam tempat makan dengan rapat agar kecoa tidak hinggap di makanan. Kalau bisa gunakan insektisida seperti kapur ajaib atau semprotan anti serangga agar mengurangi kecoa yang berada di rumah.

Tikus

Tikus  merupakan hama yang sering terlihat di rumah. Hewan mamalia ini cukup merepotkan karena gerakkannya yang lincah dan bisa bereproduksi dengan cepat dan jumlah yang banyak. Biasanya hewan ini terdapat di area loteng, kamar mandi, dan juga di area dapur rumah yang masih terdapat sisa-sisa makanan.

Bukan hanya memakan makanan yang ada di dapur, kelakuan tikus atau curut ini kerap memakan benda-benda rumah seperti kabel dan meninggalkan bau dari kotoran yang menyengat. Hewan ini juga bisa menyebarkan penyakit pes (plague) dan juga bisa mengundang ular (predatornya) untuk datang ke rumah.

Membasmi tikus bisa dilakukan dengan menyiapkan perangkap jebakan tikus atau bisa juga menggunakan lem tikus yang membuat tikus tidak berkutik. Cara lainnya dengan menggunakan racun tikus yang diberikan dengan makanan agar tikus tertarik atau bisa juga menggunakan kamper tikus dan disebarkan di area sekitar rumah.

Nyamuk

Nyamuk merupakan serangga yang sering dijumpai di segala sisi ruangan. Hewan ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 2,5 km/jam. Nyamuk biasanya menyukai tempat yang bertemperatur panas dan akan menyengat sasarannya apabila suhu tubuh targetnya panas yang membuat nyamuk tertarik.

Nyamuk menghisap daerah untuk kebutuhan protein yang ia butuhkan dan akibat dari gigitan nyamuk menyebabkan gatal dan benjolan kecil (bentol) di area yang dihisap. Ada beberapa jenis nyamuk yang menimbulkan penyakit berbahaya seperti, Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, dan Filaria atau sering disebut juga kaki gajah.

Biasanya cara mencega nyamuk untuk datang ke rumah dengan mengurangi genangan air yang terdapat di area rumah dan menutup keran air jika tidak diperlukan. Gunakan juga tirai jendela anti nyamuk, penggunaan kelambu pelindung untuk bayi atau anak-anak. Mengolesi tubuh dengan lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitannya dan bisa juga menyemprotkan semprotan anti serangga.

Lalat

Jika ada lalat di rumah itu menandakan bahwa tempat itu kotor dan jorok yang selalu melekat pada hama ini. Lalat merupakan hewan yang selalu dijumpai di tempat kotor seperti di tumpukan sampah, sisa-sisa makanan busuk hingga bangkai hewan. Biasanya juga lalat hinggap di makanan yang berada di dapur atau tidak tertutup rapat.

Ternyata hewan ini juga mengundang banyak penyakit pada manusia, karena membawa jutaan kuman yang berpotensi menjadi penyakit. Mulai dari penyakit diare, kolera, hepatitis, tifus, TBC hingga penyakit berbahaya lainnya yang dapat ditularkan oleh hewan hama tersebut ini kepada manusia.

Selalu pastikan makanan di rumah tertutup rapat agar tidak dihinggapi oleh lalat, kalu perlu selalu gunakan tempat makan. Selalu menjaga kebersihan dan rutin membuang sampah pada tempatnya. Selalu bersihkan area selokan dan got dekat rumah yang menjad tempat favorit lalat berada.

Rayap

Rayap merupakan hama yang kerapa merusakan fasilitas dan perabotan  di rumah, mulai dari jendela, lemari, meja, kursi yang terbuat dari bahan dasar kayu menjadi tempat kesukaan rayap. Selain memakan kayu, rayap juga sering makan bahan-bahan lain seperti sabut kelapa, kertas, karton, dan bahan-bahan tekstil.

Untuk menghindari fasilitas dan perabotan rumah dihinggapi rayap, bisa dilakukan dengan cara membuang sampah-sampah kayu seperti batang pohon atau ranting pohong di sekitar rumah. Agar benda-benda rumah Anda tidak terdapat rayap, bisa diberikan dengan terminitisida supaya barang-barang Anda terhindar dari hama rayap.