productive-1
Mulailah sesuatu dengan hal yang baik! Maka hasilnya akan baik.

Membuat hidup produktif pastinya membutuhkan "senjata" untuk menaklukanya. Sama halnya Kemerdekaan Indonesia didapat karena bangsa Indonesia mempersiapkanya dengan mental pantang menyerah dan berani menghadapi segala kemungkinan.

Untuk mencapai hidup produktif, perlu jiwa yang sehat dan raga yang kuat. Namun seringkali kita melihat disekitar kita rekan atau kerabat yang tidak produktif sehingga membuat hari-harinya tidak bersemangat dan cenderung malas untuk melakukan suatu pekerjaan. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang menjadi tidak produktif diantaranya adalah

Kurang Tidur
Salah satu yang paling umum terjadi jika Anda merasa tidak bersemangat adalah kurangnya waktu tidur, yang mengakibatkan tubuh merasa kekelahan.

Tidur Berlebihan
Siapa bilang jika tidur lebih lama dari waktu yang dianjurkan (7-8 jam) akan membuat badan lebih segar, justru hal itu dapat membuat Anda selalu merasa ngantuk dalam melakukan pekerjaan di pagi hari.

Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga merupakan faktor yang dapat membuat Anda kurang produktif di pagi hari. Pastikan tubuh memiliki cukup cairan agar pagi Anda terasa lebih bersemangat.

Kafein
Jika Anda adalah penikmat kafein aktif di malam hari, maka bersiap-siaplah Anda akan mengalami malam yang panjang karena kafein yang terkandung dalam kopi akan mengendap di tubuh Anda selama kurang lebih 37 jam, yang akan membuat Anda mengantuk pada pagi hari dan membuat hari Anda kurang produktif.

Penyakit Saat Tidur
Jika Anda mengalami gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea (ganguan pernafasan dalam tidur) dan jenis penyakit lainnya, hal ini bukan hanya dapat mengurangi waktu tidur Anda namun juga dapat menghilangkan kualitas tidur yang Anda miliki. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.

Stress atau Depresi
Stress dan depresi juga hal yang sangat mendominasi produktivitas seseorang, stress dan depresi dapat menguras pikiran sehingga membuat Anda susah tidur. Hal ini akan menyebabkan Anda selalu merasa mengantuk sepanjang hari, dan akibatnya pekerjaan Anda tidak dapat terselesaikan dengan baik.

Itu adalah beberapa hal yang mungkin saja dapat mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda, sehingga dapat mempengaruhi produktivitas Anda sehari-hari. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di pagi hari agar tubuh Anda kembali segar dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, diantaranya;

Melakukan Aktifitas Favorit
Melakukan aktifitas kesukaan di pagi hari bisa membuat kita lebih segar dan bersemangat dalam menjalani hari, seperti mendengarkan musik atau menonton acara televisi sejenak sebelum memulai aktifitas.

Meminum Air putih
Saat kita tidur tubuh mengeluarkan banyak cairan, hal ini membuat kita mengalami dehidrasi saat bangun tidur. Untuk mengatasinya mulailah rutin minum air putih saat bangun tidur agar tubuh terhindar dari dehidrasi dipagi hari.

Olah Raga
Sejatinya, pagi hari adalah waktu ideal bagi Anda untuk berolahraga. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari pagi. Olahraga dapat membuat badan menjadi segar dan siap menerima kegiatan baru.

Sarapan
Makanan adalah sumber tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sepanjang hari, karena itu penting untuk memulai hari dengan sarapan. Sehingga dapat menambah energi untuk melakukan aktifitas selama seharian.

Meminum Kopi
Kopi yang mengandung kafein yang Anda minum akan mengendap 3 - 7 jam di dalam tubuh. Jika Anda meminumnya dipagi hari akan sangat baik demi menjaga tubuh agar terhindar dari kantuk, tetapi untuk Anda yang mengidap penyakit magh sebelum minum kopi pastikan Anda sudah memakan minimal buah atau roti.

Begitulah uraian singkat mengenai penyebab dan cara meningkatkan produktivitas. Yuk coba sekarang!