Sudah sewajarnya setiap orang memiliki wastafel di dalam rumahnya, baik itu digunakan untuk mencuci piring kotor, mencuci tangan, bahkan ada yang dipakai untuk menyikat gigi. Bagaimana jadinya bila wastafel di rumah Anda tersumbat akibat sisa-sisa makanan atau kotoran lainnya yang menyumbat saluran pembuangan pada wastafel rumah.

Wastafel yang tersumbat biasanya diakibatkan saluran pembuangan air  pada wastafel terdapat kotoran atau sisa makanan yang menyumbat saluran pembuangan. Hal itu membuat aliran tertahan dan membuat air yang seharusnya mengalir lancar menjadi tertahan dan seiring volume air bertambah membuat wastafel “banjir”.

Ada beberapa cara untuk Anda agar wastafel di rumah tidak kembali tersumbat. Untuk mencegah wastafel yang tersumbat, pastikan Anda tidak membuat kotoran atau sisa makanan ke dalam wastafel.

Di bawah ini merupakan beberapa cara bagaimana memperbaiki wastafel tersumbat :

Bersihkan Dengan Baking Soda

Jika di artikel sebelumnya baking soda bisa untuk membersihkan lumut “Cara Menghilangkan Lumut Membandel Di Rumah!”, cara ini juga bisa diterapkan pada wastafel rumah Anda. Siram wastafel menggunakan air panas dan tunggu sekitar 20 menit. Setelah itu, taburkan baking soda ke wastafel dan diamkan selama satu hari. Sesudah satu hari, siram wastafel dengan air panas, Anda juga bisa mencampurnya dengan perasan lemon.

Gunakan Kabel Auger

Caranya dengan buka tutup lubang wastafel, masukkan kabel auger sepanjang 30 inci ke dalam wastafel. Ketika sudah menyentuh benda yang menyumbat wastafel, gerakkan kabel ke depan dan belakang dan sesuaikan dengan kabel. Tarik kabel dari wastafel dan siram dengan air panas.

Kabel auger bisa didapatkan di toko bangunan maupun toko online. Jika dibayangkan prosesnya terkesan merepotkan, tapi jika sudah dicoba tidak sesulit yang dipikirkan.

Siram Bio Enzim

Jika belum efektif menggunakan kabel atau dilakukan secara fisik, bisa mencoba menggunakan bio enzim. Bahan ini bisa didapat di toko online dan toko material, dengan harga masih terjangkau. Cukup tuangkan bio enzim ke dalam wastafel dan biarkan beberapa saat. Menggunakan bio enzim memerlukan banyak waktu, apalagi bila yang tersumbat sisa-sisa makanan.

Gunakan Jasa Profesional

Jika cara-cara di atas belum bisa mengatasi wastafel Anda yang tersumbat, bisa gunakan layanan kebersihan. Tidak perlu ragu, dengan layanan kebersihan bisa menghindari kerusakan pada wastafel. Dengan orang profesional tentunya membuat Anda semakin aman dan tidak khawatir.

Yoofix menawarkan layanan jasa kebersihan bagi rumah Anda, tinggal unduh aplikasinya yang sudah tersedia di Play Store dan App Store. Mereka juga menawarkan jasa servis AC, membasmi hama di rumah, masalah pada kelistrikan, dan menawarkan jasa pengecatan untuk rumah.