Blue-Background-2-4
Diantara kita banyak sekali yang memiliki ide-ide cermelang dan memimpikan sesuatu yang mustahil untuk di wujudkan sekalipun. Namun tak jarang banyak pula yang dapat mewujudkannya. Contohnya saja seperti Wright Brothers yang bermimpi bahwa manusia bisa terbang. Dengan keyakinan dan kerja keras, Wright Brothers berhasil menciptakan pesawat terbang pertama kali di dunia.

Perkembangan teknologi berlangsung sedemikian cepatnya, terutama dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan manusia. Tapi bagaimana dengan tantangan besar yang akan dihadapi pada masa depan? Dalam 30 tahun kemudian, masalah apa yang mungkin ada dalam agenda dunia untuk dipecahkan?
Tapi kita bisa mendapatkan petunjuk dari bagaimana tren terkini dalam sains dan teknologi dapat dimainkan. Berikut adalah teknologi yang akan ada di masa depan.

Menyalakan AC dengan suara manusia
Sering kehilangan remote AC pada saat dibutuhkan? Terkadang juga lupa menaruh remote AC? Bayangkan jika AC bisa dinyalakan oleh suara manusia? Pastinya keren sekali. Perguruan Tinggi di Indonesia sudah mulai melakukan riset dengan metode K-Nearest Neighbor (KNN), dimana mereka bisa membuka pintu otomatis dengan suara manusia. Mungkin saja bisa terjadi dan diimplementasikan di AC. Wah pastinya keren sekali!

Alat pengusir hama dengan suara ultrasonic
Jika mengusir kucing, mungkin itu pekerjaan mudah. Akan tetapi, bagaimana jika mengusir serangga? Sering kah kalian mengusir lalat yang hinggap di ruang makan dan kembali lagi? Kebanyakan hewan punya kemampuan mendengar yang lebih tinggi dibandingkan manusia. Tingginya gelombang tersebut, menyebabkan terganggunya sistem rangsangan auditori (pendengaran) mereka," ujar pakar entomologi dari FKH IPB, Dr Upik Kesumawati Hadi, MS dalam acara LG Journalist Class Teknologi Ultrasonik dan sudah teruji untuk membunuh Nyamuk Demam Berdarah. Kebayangkan jika ada alat itu di dunia nyata?

Penyedot debu otomatis / Robot pembantu
Rumah harus selalu bersih dan sering di sapu dari debu yang masuk kedalam rumah. Cara yang biasa kita lakukan adalah dengan menyapu, tetapi menyapu harus dilakuakan dengan cara bergerak, menggunakan vacuum cleaner pun tetap harus bergerak. Solusi nya adalah dengan alat penyedot debu otomatis yang terpasang di tiap sudut rumah yang bisa mendeteksi debu atau pun kotoran lainnya. Alat ini akan bekerja otomatis tanpa harus kita kendaliakan, alat bekerja saat terdeteksi terdapat kotoran dan alat akan berhenti secara otomatis saat ruangan dalam rumah sudah bersih dari debu dan kotoran.
Mungkin yang paling dekat dengan teknologi ini adalah robot pembersih debu Roomba, si robot kecil, bulat dan selalu dekat dengan lantai.

Mobil Tanpa Pengemudi
Anda adalah orang modern yang sangat sibuk. Anda sering berpergian dengan mobil pribadi, tetapi Anda juga sibuk dengan aktivitas seperti makan, mengerjakan tugas, membaca, berbicara di telepon, gunting kuku, makeup dan sebagainya. Singkatnya, Anda membutuhkan mobil tanpa pengemudi atau Driverless Car.
Walaupun proyek pengembangan ini telah ada sejak lama, tetapi yang paling terdepan dalam hal teknologi mobil robotik adalah Google si Perusahaan Raksasa Mesin Pencari Internet. Google berhasil mengembangkan mobil prototype tidak berpenumpang yang dilaporkan telah berjalan sejauh 200.000 mil (sekitar 321 ribu kilometer) di jalan California.
Sekarang ini Google hanya menunggu pemerintah dan hukum negara menyetujui pengujian lebih lanjut, tapi masih tidak jelas apakah masyarakat umum dapat membeli mobil ini. Yah setidaknya harus diuji di Indonesia, khususnya Jakarta dulu dengan jalanan yang sangat 'menantang' ini.

Makanan dalam bentuk pil
Makan makanan enak mungkin menarik untuk dinikmati secara perlahan-lahan dan Anda memang punya waktu untuk itu. Bagaimana jika makanan yang Anda makan tidak enak dan Anda adalah orang yang sangat sibuk dengan moto Anda 'waktu adalah uang'? Makanan dalam bentuk pil adalah solusi dari pertanyaan ini.
Ide ini telah ada selama bertahun-tahun sebagai impian fiksi. Masalahnya adalah seseorang perlu mengetahui bagaimana cara agar manusia mendapatkan nutrisi yang cukup dari kapsul, pil atau tablet yang dimana dapat dikatakan tidak mungkin. Ini juga tidak terbatas hanya kepada nutrisi, orang tersebut harus mempertimbangkan protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan sebagainya agar Anda tetap sehat.
(source: http://www.tahupedia.com/content/show/73/10-Teknologi-Masa-Depan-yang-Ditunggu-Setiap-Orang)