Sobat Yoofix nggak mau kan tagihan listrik membengkak gara-gara salah memilih AC? Jika ukuran PK terlalu kecil dan kapasitas ruangan terlalu besar, AC akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan. Akibatnya, daya listrik yang dibutuhkan akan semakin besar. Jadi, ukuran PK yang sesuai luas ruangan akan meningkatkan kerja AC dan menghemat penggunaan daya listrik.

Sebenernya, apa sih yang dimaksud PK? PK (Paardekracht) merupakan ukuran yang menyatakan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan. Secara familiar dikenal dengan tenaga kuda. 1 PK adalah 9,000 BTU. BTU (BritishThermal Unit) merupakan jumlah panas yang akan menaikkan dan menurunkan suhu 1 pon air dengan 10F. Nilai yang tercantum di unit ini didasarkan pada kapasitas ketika suhu luar ruangan mencapai 950F dan suhu dalam ruangan 800F.

Ada beberapa ukuran PK dalam AC. Yuk disimak!

1.      ½ PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m²)

2.      ¾ PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m²)

3.      1 PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m²)

4.      1 ½ PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m²)

5.      2 PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m²)

Sekarang mari kita lihat contoh menentukan PK yang sesuai untuk AC rumah Sobat Yoofix. Misalnya ukuran ruangan 3 x 2 meter, maka perhitungannya sebagai berikut:

Nilai BTU = p x l x 500

= 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU

Karena kurang dari 5.000 BTU maka masih memungkinkan penggunaan AC ½ PK.

Selain ukuran PK dan kapasitas ruangan, hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih AC adalah menyesuaikan daya listrik di rumah dengan daya listrik yang dibutuhkan oleh AC. Jangan sampai  memilih ukuran PK yang sudah sesuai kapasitas ruangan namun melupakan total daya arus listrik rumah anda. Seacara umum kebutuhan listrik dari AC berdasarkan ukuran PK dan jenis AC adalah sebagai berikut:

Konsumsi daya AC inverter menjadi lebih dari AC standar karena teknologi inverter bisa mengatur penggunaan listrik sesuai kebutuhan pendinginan secara otomatis. Penggunaan daya pun jauh di bawah AC konvensional sehingga lebih hemat listrik.

Nah, sekarang udah tau kan pentingnya menentukan ukuran PK AC yang tepat? Ingat yaa, pastikan untuk memilih AC sesuai dengan kebutuhan dan melakukan servis secara rutin. Jangan lupa, serahkan urusan servis AC ke Bro Fixer Yoofix!