AC merupakan peralatan elektronik yang mudah sekali rusak, hal itu karena AC merupakan benda yang komponen di dalamnya saling berhubungan satu sama lain, maka dari itu jika AC tidak dilakukan pengecekan rutin dan merusak salah satu komponennya akan sangat mempengaruhi komponen yang lain dan akan menimbulkan masalah pada keluarnya udara dingin pada AC. Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada AC antara lain;

  1. AC Tidak Dingin
    Hal ini biasanya disebabkan karena AC dalam keadaan kotor. Komponen dalam AC yang paling rawan kotor adalah;
    • Saringan Udara. Saringan udara biasanya terdapat di bagian depan AC, saringan ini berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran di dalam ruangan, sehingga tidak sampai masuk ke dalam AC.
    • Kipas atau Blower. Kipas berfungsi untuk mendorong udara dingin keluar dari dalam AC sehingga ruangan akan lebih sejuk, jika bagian saringan udara terlalu banyak tertutup debu hal ini dapat membuat kipas atau blower tidak maksimal dalam menyalurkan udara dingin keluar.
    • Evaporator. Komponen ini adalah yang paling penting karena akan mengalirkan udara yang dingin dengan cepat dari Freon.
  2. AC bocor
    • Kebocoran AC biasanya terjadi karena pipa yang mengalirkan air ke selang pembuangan tersumbat oleh kotoran yang sudah sangat menumpuk. Pipa yang terdapat dalam AC mempunyai kapasitas penampungan air yang sangat terbatas, jika tidak dibersihkan secara rutin akan membuat aliran air tidak sempurna mengakibatkan AC bocor dan dapat merusak perabotan lain dibawahnya.
    • Pipa Pecah atau Bocor. Kebocoran juga dapat terjadi karena kesalahan saat memasang AC. Biasanya terjadi karena pemasangan pipa terlalu kasar atau pipa sudah sangat tua, ini bisa diatasi dengan mengganti selang.
    Di saat sekarang ini kegiatan rutin untuk mengecek AC memang sangat merepotkan. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, semarang dan jogja sudah banyak sekali perusahaan home care yang akan membantu anda dalam perawatan AC. Di jogja salah satunya, Yoofix Digital Indonesia membantu masyarakat jogja dalam hal perawatan rumah salah satunya adalah perawatan AC. Pemesanan yang mudah juga diterapkan oleh Yoofix, cukup menghubungi Yoofix menggunakan aplikasi yang tersedia di google play maka kamu akan mendapatkan perawatan yang kamu butuhkan