Kayu adalah benda yang tidak asing kita temukan dirumah. Bahan yang satu ini banyak sekali digunakan untuk bahan pelengkap rumah, contohnya jendela, pintu, atap, dll. Tetapi seperti yang kita ketahui kayu juga merupakan bahan yang mudah sekali diserang hama rayap. Hewan kecil ini memang tidak bisa dianggap enteng karena dapat merusak kayu dan membuat kayu rapuh secara perlahan.
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi hama rayap, mulai dari pemilihan kayu yang tepat sampai bagaimana cara mengatasi hama rayap yang sudah ada. Berikut adalah beberapa kayu yang tidak dimakan oleh rayap;

  1. Kayu Jati
    Kayu jati adalah salah satu jenis kayu yang sudah terkenal dan tidak bisa dimakan oleh rayap, tetapi harga kayu jati yang sangat mahal.
  2. Kayu Ulin (Kayu Besi)
    Seperti julukannya kayu ulin merupakan kayu yang sangat kuat seperti besi. Bukan hanya kuat terhadap rayap, kayu ulin juga kuat terhadap perubahan suhu, kelembaban dan tahan terhadap air (panas ataupun dingin).
  3. Kayu Merbau
    Jenis kayu yang satu ini biasanya digunakan sebagai alternatif kayu jati yang sangat mahal, kayu jenis ini sukar dimakan rayap karena teksturnya yang keras.
  4. Kayu Sengon
    Kayu yang satu ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, dan kayu ini biasanya digunakan untuk perabotan seperti peti pengemas, papan, karena sifatnya yang tidak dapat dimakan rayap.

Itu adalah beberapa jenis kayu yang tidak bisa dimakan oleh rayap. Semoga dapat membantu untuk pertimbangan memilih kayu yang bagus untuk rumah kamu.