Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan benda ini, kan? Ya, kabel adalah benda yang hampir selalu ada di alat-alat elektronik yang kita miliki, seperti televisi, handphone, komputer, laptop, dan sebagainya. Walaupun terlihat sepele, keberadaan kabel sering menimbulkan masalah. Salah satunya adalah kabel berserakan yang mengganggu pemandangan dan aktifitas sehari-hari, bahkan juga mengancam keselamatan.

Sebenarnya, merapikan kabel itu tidak susah kok. Bahkan kita bisa memanfaatkan barang-barang di sekitar untuk mengkreasikan kabel. Yuk simak tips berikut.

1.      Jadikan sebagai dekorasi

Kabel panjang menjuntai di lantai tentu dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah, khususnya si kecil. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menjadikan kabel sebagai dekorasi dinding. Caranya, gambar pola sesuai keinginan lalu kaitkan kabel-kabel tersebut dengan penjepit kabel.

2.      Buatkan tempat khusus

Kabel charger kusut bikin sebal? Tenang, Anda dapat mengatasinya dengan membuatkan kotak khusus menggunakan kardus bekas. Sedangkan untuk sekat antar kabel, Anda dapat memakai bekas tisu gulung. Tinggal masukkan kabel ke dalam bekas tisu gulung, dan kabel pasti tertata rapi.

3.      Manfaatkan penjepit kertas

Penjepit kertas tidak cuma berguna untuk merapikan dokumen, lho. Anda dapat menggantungkan penjepit kertas pada paku lalu masukkan kabel yang berserakan ke dalamnya.

4.      Berikan label

Menggulung kabel adalah cara paling simpel untuk merapikan kabel. Akan tetapi, lebih baik Anda berikan label nama pada tiap gulungan kabel. Hal ini akan memudahkan Anda saat ingin mengambilnya dan tidak akan tertukar dengan kabel lainnya.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk merapikan kabel semrawut di rumah. Cukup mudah dan efektif kan? Selamat mencoba!