Pendingin ruangan atau yang biasa disebut AC (Air Conditioner) yang sering kamu gunakan jarang dirawat atau dibersihkan? Jika IYA, maka akan menimbulkan bahaya yang serius.
AC adalah perabotan rumah tangga yang memiliki prioritas untuk dijaga kebersihannya, lakukan perawatan rutin AC kamu 3 bulan sekali, karena AC yang ada di ruangan akan menghasilkan udara yang akan kamu hirup setiap harinya. Bahaya yang akan ditimbulkan dari AC yang jarang dibersihkan bukan hanya dari segi kerusakan AC tetapi juga dapat membahayakan penghuni di dalamnya.
Berikut adalah bahaya teknis yang dapat merusak AC kamu jika jarang dibersihkan:

  1. Dapat Menyebabkan AC Overheat
    AC Overheat terjadi jika kipas kompresor yang ada di unit outdoor dilapisi debu yang terlalu tebal sehingga putarannya menjadi lambat dan dapat menyebabkan motor fan akan bekerja lebih keras. Hal tersebut dapat memicu bahaya overheat dan jika tidak segera dilakukan pembersihan, maka dapat mengakibatkan kerusakan kompresor dan mempengaruhi kinerja unit AC indoor.
  2. Menyebabkan AC Bocor
    AC Bocor terjadi jika saluran pembuangan air AC tersumbat akibat tertutup oleh kotoran atau debu. Air yang seharusnya keluar dari saluran pembuangan tersumbat dan keluar melalui lubang lainnya sehingga terjadilah kebocoran air AC. Kebocoran tersebut jika dibiarkan maka akan dapat menyebabkan masalah lainnya pada unit AC.

Adapun dampak pada kesehatan jika kamu jarang membersihkan AC adalah;

  1. Alergi Pada Masalah Pernafasan
    Filter udara bisa menjadi sangat kotor apabila AC tidak dibersihkan dengan teratur. Filter udara yang kotor menjadi sarang berkumpulnya kotoran, debu, serbuk sari dan berbagai macam bakteri yang kemudian akan bersirkulasi ke ruangan. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran pernafasan, selain itu juga dapat menimbulkan masalah alergi bagi orang yang sedang terkena asma.
  2. Sick building syndrome
    Sick building syndrome biasa dijumpai pada bangunan yang memakai sistem pendingin udara, namun tidak mempunyai ventilasi yang tepat yang jarang dibersihkan. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dan mikroorganisme lainya yang berkumpul atau menumpuk pada sistem pendingin udara dan kemudian bersirkulasi di udara yang kita hirup di dalam ruangan tersebut.
  3. Penyakit Legionnaire
    legionaires adalah jenis pneumonia diakibatkan oleh bakteri legionella pneumophie. Salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan AC adalah bahwa air hangat yang ditemukan dalam AC sentral (terutama pada rumah sakit dan bangunan hotel) bisa menjadi tempat berkumpulnya aneka bakteri. Gejala yang paling sering terjadi adalah semisal batuk-batuk, demam tinggi, nyeri tubuh, sakit kepala dan kelelahan. Apabila tidak segera diobati, penyakit legioner ini bisa mengakibatkan komplikasi yang bisa membahayakan.

Semoga ulasan di atas dapat menyadarkan kita akan pentingnya membersihkan AC. Karena AC yang kotor dapat berakibat buruk pada kesehatan.