Kamar tidur bisa dibilang sebagai ruang yang paling sering kita gunakan di dalam rumah dibandingkan ruangan yang lain. Secara rata-rata, kita menghabiskan setidaknya 9-10 jam di dalam kamar tidur. Jika tidak dibersihkan secara teratur, kondisi kamar yang kotor bisa memicu depresi bahkan menimbulkan masalah kesehatan loh. Ada banyak komponen di dalam kamar tidur yang harus kita jaga kebersihannya dengan berbagai durasi yang berbeda pula. Apa saja yang harus dibersihkan serta kapan harus dibersihkan? Coba simak uraian berikut ini :

a.     Kasur

Komponen pertama yang harus dibersihkan adalah kasur. Kasur sebaiknya diganti setiap 8 atau 10 tahun sekali. Tidak hanya diganti saja, kasur juga perlu dijemur serta dibersihkan menggunakan penyedot debu setidaknya setiap 1 bulan sekali. Jika kasur dibersihkan secara rutin dan dirawat dengan baik, akan semakin awet pula kasur tersebut, begitu pula sebaliknya.

b.    Sprei

Komponen yang kedua adalah sprei. Sprei sebaiknya diganti dengan sprei yang bersih setiap 1 bulan sekali. Jika spre dipakai terlalu lama, maka bisa menyebabkan debu, kuman, serta bakteri bisa menempel pada sprei dengan lebih mudah.

c.     Bantal

Bantal sebaiknya diganti apabila sudah tidak nyaman lagi digunakan. Idealnya bantal dignati setiap 2 tahun sekali. Jika bantl yang sudah tidak nyaman tetap digunakan justru bisa memicu beberapa gangguan seperti nyeri leher atau bisa kita sebut tengeng. Untuk sarung bantalnya, akan lebih baik apabila diganti setiap 1 bulan sekali.

d.    Guling

Guling juga harus diperhatikan kondisinya loh. Untuk kenyamanan yang maksimal, guling sebaiknya diganti apabila sudah kempes atau sudah tidak nyaman digunakan. Sedangkan untuk sarung guling, sebaiknya diganti setiap satu bulan sekali.

e.     Selimut

Memang tidak semua orang menggunakan selimut. Namun bagi kalian yang selalu menggunakan selimut perhatikan ya. Durasi maksimal pemakaian selimut adalah 6 bulan. Jadi setiap 6 bulan sekali selimut harus dicuci atau boleh ganti dengan selimut yang bersih.

f.       Lantai

Nah jangan sampai kelupaan dengan komponen berikut ini ya. Biasakan untuk menyapu lantai kamar tidurmu setidaknya 3 kali dalam seminggu. Namun akan lebih baik lagi jika lantai setiap hari disapu. Tidak hanya disapu saja, lantai kamarmu juga harus dipel, setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Dengan membersihkan kamar tidur secara rutin, kita bisa meminimalisir adanya kuman dan bakteri di kamar tidur. Membersihkan kamar sebaiknya dijadikan sebagai kegiatan rutin agar kita merasa terbiasa untuk selalu membersihkan kamar. Supaya tidak lupa kapan terakhir kali kamar kalian dibersihkan, ada baiknya jika kalian membuat catatan. Jangan lupa membersihkan kamar kalian yaa Yoobro dan Yoosis!