Air adalah hal yang sangat kita butuhkan, terlebih untuk kegiatan rumah tangga. Air adalah komponen utama penunjang kegiatan sehari-hari kita. Tapi bagaimana jika pipa menyalur air di rumah kita tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mati, banyak hal yang dapat mempengaruhi rusaknya pipa air.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan pipa air rusak;

  1. Kualitas Pipa yang Buruk
    Hanya karena tergoda harga biasanya kita memilih pipa yang lebih murah dengan kualitas yang tidak begitu bagus, padahal dengan pipa kualitas rendah akan mudah sekali terjadi kebocoran. Lebih baik memilih pipa yang sedikit mahal dengan kualitas yang baik, untuk menghindari kerusakan-kerusakan pada pipa.
  2. Sambungan pada Pipa Kurang Rekat
    Selain pemilihan pipa yang harus teliti, sambungan pada pipa yang kurang rekat juga dapat membuat pipa bocor, hal itu karena tekanan air yang sangat kuat dapat membuat sambungan terlepas jika dipasang kurang rekat. Teliti kembali untuk memastikan bahwa sambungan pada pipa sudah rekat.
  3. Usia Pipa yang Sudah Tua
    Pipa air mempunyai usia pemakaian selama 5 tahun, jika kamu merasa pipa yang kamu pakai sudah sangat lama lebih baik segera ganti dengan pipa baru, sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Lebih teliti dalam pengecekan isi rumah kamu adalah hal utama yang harus kamu perhatikan, jika kamu teliti kerusakan-kerusakan di dalam rumah bisa lebih awal kamu ketahui jadi untuk kerusakan yang lebih parah sangat minim terjadi.