Hayoo siapa nih yang di rumah punya hewan peliharaan? Bagi penyayang hewan, memiliki peliharaan di rumah merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Tidak jarang, pemilik memperlakukan hewan peliharaan layaknya anak sendiri. Segala kebutuhan hewan peliharaannya pun dipenuhi, mulai dari makanan, afeksi, hingga kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan, seperti vaksin misalnya. Karena terlalu memanjakan hewan peliharaan, terkadang rumah menjadi kotor dan berantakan. Hmm kalau sudah begitu lumayan merepotkan juga ya. Nah, artikel ini dibuat untuk Yoobro & Yoosis yang penyayang hewan khususnya bagi yang memiliki hewan peliharan di rumah. Yuk cari tau tips agar rumah tetap bersih dari hewan peliharaan!

1.      Rumah yang bersih berawal dari hewan yang bersih

Jika kalian memiliki hewan berbulu yang butuh dimandikan seperti kucing atau anjing di rumah, jangan lupa untuk rutin memandikan mereka yaa! Terlebih lagi jika kucing atau anjing sering bermain diluar ruangan, kotoran yang menempel di tubuh mereka dapat menyebar di ruangan jika tidak rutin dimandikan.

2.      Bersihkan kandang

Jika hewan peliharaan kalian memiliki kandang, kalian juga harus rutin membersihkan kandang mereka, minimal dengan langsung membuang kotoran hewan ketika mereka selesai buang air. Selain akan menimbulkan bau tidak sedap jika tidak segera dibuang, kotoran hewan juga berpotensi menyebabkan penyakit.

3.      Siapkan tempat tidur sendiri

Layaknya manusia, beberapa hewan juga suka tidur di kasur. Maka dari itu, alangkah baiknya jika pemilik hewan peliharaan dapat menyiapkan tempat tidur sendiri untuk peliharaannya. Dengan begitu, hewan peliharaan tidak akan tidur di kasur yang sama dengan pemiliknya sehingga rontokan bulunya tidak mengganggu kebersihan kasur pemiliknya.

4.      Jauhkan barang pecah belah

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jauhkan barang pecah belah dari jangkauan hewan peliharaan.

5.      Lindungi sofamu

Perilaku kucing yang seringkali membuat frustasi adalah mencakar sofa. Kamu dapat meminimalisir perilaku ini dengan membelikan tiang cakar untuk kucing.

6.      Bersihkan bulu-bulu yang rontok

Bulu rontok merupakan hal yang normal terjadi bagi hewan berbulu. Jika tidak ingin rumah atau bahkan baju kalian penuh akan bulu hewan, jangan lupa untuk selalu membersihkan bulu hewan yang rontok ya! Kalian dapat menggunakan roller khusus untuk membersihkan bulu atau dapat juga menggunakan lakban yang digulungkan ke tangan.

7.      Beri ruang khusus

Jika tidak ingin terus-menerus menempatkan hewan peliharaan kalian di kandang tetapi tidak ingin juga rumah menjadi kotor, kalian dapat menyiapkan ruangan khusus untuk peliharaan kesayangan. Dengan begitu, hewan tetap dapat bebas bermain namun tidak mengotori seluruh rumah.

Setelah membaca tips diatas, kalian para penyayang hewan tidak perlu bingung lagi dalam menjaga kebersihan rumah kan?