Banjir yang sempat menerjang beberapa tempat pada awal tahun kemarin, orang-orang harus berbenah dikarenakan rumah mereka yang berantakan dan kotor akibat air yang masuk hingga ke dalam rumah. Bahkan beberapa perabotan rumah mereka harus rusak dan beberapa lainnya hilang hanyut terbawa arus air akibat diterjang banjir.

Untuk Anda yang rumahnya sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya, sepertinya perlu untuk memikirkan tipe atau konsep rumah ramah banjir agar bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi saat banjir. Bukan hanya dengan tidak mendirikan rumah di kawasan resapan air, menentukan perabtan dan dekorasi ruma seperti apa nantinya juga bisa menghemat pengeluaran saat bersih-bersih pasca banjir. Pada artikel ini, berikut langkah-langkah dekorasi rumah yang bisa Anda terapkan.

Pilihlah Tipe Sofa Berkaki

Pikir kembali dalam sisi efisiensi dan praktis selain sisi kenyamanan pada sofa saat Anda sedang memilih tipe sofa. Sofa dengan tipe berkaki akan aman bagi rumah Anda yang apabila nanti kemasukan air yang masuk ke rumah Anda. Hal lainnya, Anda juga praktis dan dengan mudah membersihkan bagian bawah sofa saat banjir sudah surut.

Gunakan Perabotan Berbahan Besi atau Kayu

Rata-rata orang memilihin bahan perabotan dengan partikel board dan polywood dengan anggapan murah dan memiliki banyak jenis tipe. Hal ini berbanding terbalik untuk rumah yang rawan banjir, perabotan tersebut justur sangat mudah rusak apabila terkena air. Dengan Anda menggunakan perabotan dengan bahan besi atau kayu akan membuat perabotan Anda lebih tahan lama.

Ranjang Tingkat dan Kasur Busa

Menggunakan ranjang tingkat akan membuat Anda tidak kesusahan mengangkat kasur saat banjir datang tanpa peringatan. Bukan hanya ramah banjir, ranjang tingkat ini bisa membuat kesan rapih dan luas pada ruangan kamar Anda. Gunakanah kerangka kasur tingkat dengan bahan besi atau kayu agar tahan lama.

Penempatan Posisi Stop Kontak

Posisi stop kontak biasanya diposisikan  berdekatan dengan lantai. Supaya mudah dan efisien digunakan dan kabel tidak terlilit dan berantakan menggangu pandangan. Untuk rumah Anda yang rawan banjir, disarankan meletakkan posisi stop kontak lebih tinggi dari pinggang. Hal ini akan membuat aman dari potensi tersambar arus pendek dan terhindar dari jangkauan anak-anak.

Pakai Kabinet Minimalis

Agar hunian ruang tamu rumah Anda tetap terlihat indah dan menarik, gunakanlah rangka minimalis untuk penyekat ruangan Anda. Penggunaan ini akan mempermudah membersihkan lantai rumah Anda pasca banjir. Dengan menggunakan rangka kabinet minimalis bisa meberi kesan elegan dan nyaman pada ruang tamu rumah Anda.

Warna Cat Pada Dinding Rumah

Demi mengurangi resiko noda dan kotoran pada rumah Anda pasca banjir dan bisa dibersihkan lebih mudah, gunakahlah cat dengan warna-warna dasar dan gelap pada rumah Anda. Lalu pada bagian atas dinding, gunakan cat dengan warna terang lalu pasangkat dengan cat berwarna gelap pada bagian bawah dinding.

Dekorasi Kamar Mandi

Rumah-rumah modern pada umumnya sudah mulai menggunakan showersebagai pengganti bak mandi. Jika rumah Anda yang rawan banjir tetap pertahankan bak mandi di rumah Anda. Dikarenakan akan membantu menampung air bersih sebagai persediaan air bersih di saat darurat banjir dan mengalami pemadaman listrik dalam waktu lama.

Langkah-langkah di atas merupakan cara dekorasi rumah ramah banjir dan bisa Anda terapkan saat ingin membangun atau merenovasi rumah Anda yang berada di kawasan rawan banjir. Penataan rumah ini memang berfokus pada bagian lantai dan sangat populer untuk saat ini. Selain enak untuk dilihat, sisi keamanan, dan kenyamanan pada tipe hunian ini pasca banjir bisa Anda pertimbangkan pada suatu waktu.