Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang. Beberapa orang memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi dengan alasan lebih praktis, karena tidak peerlu membangun dari awal. Namun, sebagian orang memilih untuk membangun rumah dari awal agar bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Jika kamu lebih memilih untuk membangun rumah dari awal, hal-hal berikut ini patut diperhatikan agar proses pembangunan rumahmu lancar.

1.      Budget plan

Rencana keuangan atau yang biasa disebut dengan budget plan perlu dipikirkan matang-matang sebelum mulai membangun rumah. Hal ini sangat penting mengingat biaya membangun rumah bukan hanya seratus-dua ratus ribu. Jika perencanaan keuangan tidak dianggarkan dengan baik, taruhannya adalah rumah tidak selesai dibangun.

2.      Konsep rumah

Setelah menentukan rencana keuangan, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah menentukan konsep rumah. Calon pemilik rumah bebas menentukan konsep rumah seperti yang diinginkan, namun, perlu diingat bahwa konsep harus mengikuti rencana keuangan agar pembangunan berjalan dengan lancar. Selain rencana keuangan, luas tanah juga dapat menjadi pertimbangan konsep rumah.

3.      Gambar denah

Denah merupakan dasar dalam membangun rumah yang sangat penting. Jika tidak yakin dalam membuat denah rumah, percayakan saja kepada arsitek.

4.      Material

Carilah material yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya keuangan. Jika tidak mampu membeli bata, gunakan batako. Material juga merupakan penentu dari rencana keuangan, maka dari itu sesuaikan material dengan rencana keuangan yang telah disusun.

5.      Mencari pekerja

Pekerja bangunan memang banyak sekali ditemui, namun carilah pekerja yang profesional demi kelancaran pembangunan rumah.

6.      IMB

Hal penting lain yang harus dilakukan sebelum membangun rumah adalah mengurus Izin Mendirikan Bangunan atau biasa disingkat IMB. Jika rumah yang akan dibangun tidak berada di perumahan, maka anda harus mengurus sendiri IMBnya. Berbeda jika rumah tersebut berada di perumahan, biasanya pihak pengembang telah menguruskan IMBnya.

7.      Izin warga

Jika rumah yang akan dibangun berada di pemukiman yang lumayan padat atau perkampungan, anda sebaiknya meminta izin warga terlebih dahulu karena pembangunan rumah biasanya akan sedikit mengganggu warga sekitar.

8.      Waktu konstruksi

Pertimbangan waktu masa konstruksi seringkali luput dari perhatian orang yang akan membangun rumah. Padahal ini merupakan salah satu faktor penting agar rumah dapat selesai tepat waktu. Penentuan masa konstruksi juga penting agar pekerja bangunan memiliki target.

Jika 8 hal diatas sudah dilakukan, kini saatnya mulai membangun rumah!