Memiliki rumah yang bersih dan nyaman adalah idaman setiap orang. Dengan rumah yang terawat menjadikan orang didalamnya merasa betah untuk melakukan segala kegiatan dirumah. Tetapi kesadaran untuk merawat rumah tidak dimiliki oleh setiap anggota keluarga, tak jarang mereka merasa acuh terhadap perawatan rumah, atau hanya mengandalkan Ibu sebagai pemerhati tidak langsung jikalau terjadi tanda-tanda kerusakan pada perabotan rumah.

Sayangnya Ibu rumah tangga pun biasanya bukan orang yang mengerti secara pasti mengenai perabotan rumah tangga, jika terjadi kerusakan ibu biasanya akan memanggil tukang untuk memperbaikinya. Tukang yang dicari untuk memperbaiki pun belum tentu terpercaya keahliannya, bisa saja hal buruk terjadi seperti membekaknya harga perbaikan melebihi dari harga kesepakatan awal.

Perawatan rumah yang benar sebaiknya dilakukan secara berkala 3 bulan sekali, hal itu memang merepotkan dan melelahkan, tetapi hal ini dapat memperpanjang usia perabotan rumah dan menghindari terjadinya kerusakan yang lebih fatal, serta menimbulkan rasa yang nyaman karena rumah terlihat bersih dan rapi. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan rumah sendiri. Diantara lain adalah:

  1. Lakukan Perawatan Rutin 3 Bulan Sekali Secara Berkala. Hal ini dapat membantu kita untuk mengetahui lebih awal jika terjadi kerusakan pada perabotan rumah sehingga dapat menghindari kerusakan yang lebih parah.
  2. Membuat Jadwal Pengecekan. Setiap anggota keluarga harus secara bergantian melakukan pengecekan terhadap barang-barang yang digunakan didalam rumah.
  3. Memperbaiki Kerusakan Kecil. Jika terjadi tanda-tanda kerusakan pada perabotan rumah tangga segera lakukan perbaikan sebelum terjadi kerusakan lebih besar.
  4. Mengamankan Sambungan Listrik Kabel. Hal ini sangat penting dilakukan. Rapikan penyusunan sambungan kabel ditempat tertutup agar tidak terjangkau dari anak-anak di bawah umur.
  5. Cat Ulang Secara Berkala. Gantilah cat minimal 1 tahun sekali atau sesuai dengan kebutuhan jika sudah banyak cat yang terkelupas. Meskipun tips merawat rumah yang satu ini cukup merepotkan. Karena, harus mengeluarkan perabotan terlebih dahulu. Namun, dengan mengganti cat akan membuat hunian terkesan baru dan terawat.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu. Mulai lakukan perawatan rumah secara berkala 3 bulan sekali. Ayo jadikan rumah Anda hunian yang nyaman dan tentram untuk Anda dan keluarga.