Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit. Lingkungan sehat yang dimaksud berarti lingkungan yang terhindar dari bau, sampah dan segala macam kotoran. Minimnya kesadaran untuk menjaga lingkungan rumah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta masalah.
Ada banyak cara untuk membersihkan rumah hunian kita sendiri. Diantaranya:

  1. Menjaga Kebersihan Sekitar. Sapu dan pel rumah setiap hari dapat membuat rumah menjadi bersih dan nyaman untuk dihuni. Hal ini karena dapat menghindari rumah dari serangga dan bau yang tidak sedap.
  2. Buang Sampah Yang Dapat Menimbun Air. Timbunan air yang terdapat pada sampah bekas akan menjadi sarang nyamuk, hal itu dapat menyebabkan penyakit seperti Demam Berdarah dan Malaria.
  3. Kesadaran Penghuni Rumah. Kita harus sadar bahwa kebersihan rumah adalah tanggung jawab dari semua penghuni rumah, jadi setiap penghuni rumah harus gotong-royong dalam membersihkan rumah. Lakukan kegiatan ini minimal seminggu sekali secara bersama-sama membersihkan seluruh sudut rumah.

Banyak juga manfaat yang akan kita dapat dari kita membersihkan rumah. Seperti:

  1. Terhindar dari penyakit yang akan ditimbulkan oleh sampah dan kotoran
  2. Lingkungan akan menjadi lebih sehat dan nyaman
  3. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari
  4. Dan, udara yang dihasilkan pun akan lebih sejuk

Lingkungan akan lebih sehat jika semua orang sadar akan pentingnya kesehatan dan mulailah dari lingkungan rumah kita sendiri.