Air AC bocor atau Air AC netes merupakan hal yang sering terjadi ketika AC Anda bermasalah dan mengganggu kenyamanan Anda. Terlebih lagi jika air AC menetes di tempat tidur Anda atau di perkakas rumah Anda. Sampai harus menggunakan ember untuk menampung air AC yang bocor. Ada beberapa penyebab mengapa AC Anda bisa bocor, padahal baru beberapa hari lalu diperbaiki.

1. Tersumbatnya Aliran Pembuangan Air

Kebocoran pada indoor AC ini sering terjadi akibat tersumbatnya aliran pembuangan air dikarenakan kotoran atau debu yang menempel dan melekat pada indoor AC. Seharusnya air menetes terbuang keluar melalui sauran pembuangan. Jika saluran pembuangan penuh akibat kotoran yang mengendap di dalam maka secara langsung pembuangan air terhambat, sehingga air tersebut menetes melalui unit indoor.

Sousinya dengan sering-sering membersihkan saluran pembuangan pada talang belakang. Hal ini cukup sulit dilakukan karena unit indoor harus diturunkan. Pipa sambungan perlu dilepaskan agar unit indoor bisa langsung dilepaskan dari kerangka instalasi. Lalu, semprot talang pembuangan air sampai kotoran keluar sepenuhnya.

2. Kondensasi Pipa

Masalah ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang tinggi yang terjadi di dalam pipa dan suhu di luar pipa. Pada umumnya permasalahan ini sering ditemukan pada kondisi AC yang sudah dipakai lebih dari lima tahun, dikarenakan pembungkus pada pipa atau armaflex sudah kurang bagus.

Caranya dengan melakukan penggantian pembungkus pada pipa atau armaflex yang sudah usam diganti baru. Pemasangannya harus dilakukan dengan benar dan jangan diberi celah pada pipa agar menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

3. Kemiringan Pada Instalasi AC

Kebocoran pada AC juga bisa terjadi karena pemasangan instalasi AC yang bermasalah akibat kemiringan pada saluran pembuangan. Sehingga air yang menetes pada unit tidak tersalur dengan benar ke saluran pembuangan AC.

Cara mengatasi masalah pada instalasi AC dengan melakukan instalasi AC ulang dengan cara saluran pembuangan air tersebut dibuka bagian depan unit AC-nya. Benarkan kembali kemiringannya supaya air yang menetes bisa menetes keluar.

Layanan Service AC

Sekarang sudah terdapat layanan service AC berbasis aplikasi. Ada aplikasi bernama Yoofix yang menyediakan beberapa layanan pada kebutuhan rumah dan juga melayani layanan service AC. Anda akan diberi tahu permasalahan seperti apa pada AC Anda yang bermasalah. Aplikasi Yoofix sudah tersedia dan bisa diunduh lewat Play Store dan App Store.