1.      Pengaturan termostat pada AC

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamanan saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23  derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius. Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruanganmu.

Maka dari itu, Anda harus mengatur suhu AC dengan benar. Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin adalah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”.

2.      Luas ruangan tidak sesuai dengan kapasitas AC

Penyebab AC tidak dingin adalah pemilihan ukuran yang tidak sesuai. AC yang terlalu kecil jelas tidak bisa memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar. Jika penyebab AC tidak dingin ini terjadi, ada baiknya bila kamu menggantinya dengan AC berukuran lebih besar. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin karena ukuran adalah dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu. Teknik ini sering menjadi jalan keluar dari penyebab AC tidak dingin demi ruangan yang nggak panas.

3.      Tidak rutin membersihkan filter AC

Salah satu unsur yang mendukung kinerja AC dalam menghantarkan suhu dingin adalah filter AC. Filter berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar. Cara mengatasi penyebab AC tidak dingin ini adalah rutin membersihkannya. Cuci filter sebulan sekali supaya filter bersih dari kotoran.

4.      Kondensor AC yang kotor

Tidak hanya filter, kondensor AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Sama dengan filter jika kondensor kotor, maka kondensor AC tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Anda perlu membersihkan kondensor secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin.

5.      Komponen pada PCB rusak

Arus listrik yang menyalakan kompresor diatur melalui komponen yang terdapat pada papan PCB. Jika komponen untuk pengatur arus di papan PCB rusak atau tidak berfungsi membuat AC tidak dingin. Cara mengatasinya bisa dengan melakukan servis PCB atau penggantian PCB baru.

6.      Kipas Indoor Atau Outdoor Tidak Berputar

Kipas pada unit indoor berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan evaporator. Jika kipas indoor tidak berputar atau putaran lemah membuat udara pada ruangan tidak dingin. Kipas pada bagian outdoor berfungsi membuang udara panas yang dihasilkan oleh kondensor, jika kipas ini tidak berputar kompresor bisa menjadi panas, bahkan bisa membuat kompresor macet sehingga AC tidak akan dingin.

Pada intinya AC tidak dingin tidak selalu soal freon yang bocor atau freon telah habis. Bisa saja karena pengaturan pada remote yang salah sehingga tidak dingin. Bisa juga karena AC indoor maupun outdoor telah kotor. AC yang kotor juga dapat memakan konsumsi listrik yang cukup banyak karena AC harus bekerja secara over. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga, merawat dan melakukan perawatan AC anda.