Mengecat rumah merupakan hal yang sangat mendasar dalam memenuhi keindahan sebuah rumah, di sini pemilik rumah mengasah kreatifitasnya dalam pemilihan warna cat yang akan di gunakan. Tetapi bagaimana jika warna cat yang Anda pilih salah dan justru membuat rumah terlihat kusam dan kotor. Mungkin Anda bisa saja mengganti warna cat jika terjadi kesalahan, tetapi tidak ada salahnya memperhatikan beberapa hal berikut jika Anda ingin menentukan warna cat rumah yang cocok dengan bentuk rumah.

1. Perhatikan Pintu Depan
Pintu depan adalah bagian eksterior dari sebuah rumah. Tapi taukah Anda bahwa mencocokan warna pintu bagian depan dapat menentukan pemilihan cat yang cocok digunakan untuk dinding didalam rumah Anda.
2. Menetapkan Warna
Menentukan warna cat bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya Anda bisa mencari inspirasi dengan melihat website mengenai interior rumah, karena akan terdapat banyak sekali pilihan warna cat. Atau Anda juga bisa menggabungkan langsung dua warna sekaligus untuk mendapatkan warna yang berbeda dari biasanya.
3. Lakukan Tes pada Warna Cat
Agar terhindar dari kesalahan pembelian dan pembengkakan budget Anda harus terlebih dahulu melakukan tes terhadap cat yang akan Anda pilih. Dikarenakan tata cahaya yang berbeda dari setiap ruangan maka warna cat juga akan mempengaruhi pencahayaan ruangan tersebut.
4. Pikirkan Tatanan Taman
Taman juga penting sebagai pedoman Anda dalam pemilihan warna cat , karena hal itu dapat mempengaruhi kecocokan dari suatu warna cat.

Jika warna sudah Anda pilih, jangan lupa untuk kembali mengecat ulang rumah dalam kurun waktu satu tahun sekali. Hal itu bertujuan untuk menjaga kestabilan warna rumah agar rumah tidak terlihat pudar dan kusam.