Mengganti suasana dengan mengecat ulang tembok rumah memang menyenangkan. Warna cat tembok rumah bahkan katanya bisa mempengaruhi mood lho! Namun pasca mengecat tembok rumah, biasanya akan tercium bau cat yang terkadang mengganggu. Beberapa jenis cat mungkin hanya akan berbau sebentar, namun ada juga cat yang meninggalkan bau cukup lama. Bukan hanya karena menyebabkan rasa tidak nyaman, bau cat juga dapat berdampkak pada kesehatan seperti iritasi mata, iritasi paru-paru, atau pusing. Jika terlalu lama dihirup, dampak yang ditimbulkan dapat lebih fatal lagi bahkan konon katanya dapat menyebabkan kanker. Eitss, jangan panik dulu Yoobro & Yoosis, bahan-bahan berikut ini ternyata dapat menghilangkan bau cat lho! Apa aja sih bahannya?

1.      Kopi bubuk

Bahan yang satu ini memang dikenal dapat menyerap bau tidak sedap, begitu pula dengan bau cat. Caranya dengan meletakkan wadah berisi kopi bubuk di dekat tembok yang telah selesai dicat. Kopi bubuk akan menyerap bau cat yang tidak sedap dan menggantinya dengan aroma khas kopi.

2.      Lemon dan vanili

Lemon dan vanili dipercaya dapat memberikan kesegaran pada ruangan dengan 2 cara mudah. Pertama, campurkan beberapa tetes vanili kedalam adonan cat yang akan digunakan. Kedua, potong lemon menjadi 4 bagian kemudian sebar di ruangan yang telah sesai dicat. Dengan begitu, aroma ruangan akan menjadi lebih harum dan segar.

3.      Bawang bombay

Bawang memang terkenal karena aromanya yang menyengat. Saking menyengatnya, Yoobro & Yoosis juga dapat menggunakan bawang untuk menetralisir bau cat. Potong bawang bombay segar menjadi 2 bagian kemudian letakkan keduanya disudut yang berbeda, tenang, bau bawang bombay tidak akan tertinggal di ruanganmu.

4.      Air Garam

Garam merupakan bahan yang pasti ada di rumah. Campuran air dan garam ternyata juga dapat menyerap bau cat. Letakkan gelas berisi campuran air garam di beberapa titik kemudian diamkan semalaman.

5.      Kipas angin besar

Cara yang satu ini dapat dibilang merupakan cara yang paling mudah. Tinggal hadapkan kipas angin ke arah tembok yang baru selesai dicat kemudian diamkan selama beberapa jam.

Selain menggunakan bahan-bahan diatas, jangan lupa untuk membuka pintu dan jendela serta mematikan AC yaa, Yoobro & Yoosis.