Bagi sebagian orang, musim hujan mungkin merupakan musim yang ditunggu-tunggu. Namun tidak bagi sebagian lainnya. Sebagian orang kerap mengeluhkan tembok yang ‘ngompol’ atau rembes yang diakibatkan oleh masuknya air hujan kedalam tembok.  Namun, ternyata tembok rembes bukan hanya disebabkan oleh hujan lho Yoobro & Yoosis! Tembok rembes juga bisa terjadi karena ruangan dikelilingi area basah dan berair, misalnya kamar mandi. Selain itu, tembok rembes bisa juga terjadi karena proses pengacian yang belum kering. Hal itu akan menyebabkan tembok menjadi lembab, basah, dan tentunya tidak menarik dipandang. Lalu, apa yang harus dilakukan jika tembok rembes?

1.      Jangan terburu-buru mengecat ulang tembok yang rembes

Retakan dapat menyebabkan tembok  menjadi rembes, maka dari itu sebelum mengecat ulang tembok yang rembes, pastikan terlebih dahulu retakannya telah ditambal dengan semen putih. Carilah retakan tersebut dengan teliti karena sifat air yang fleksibel dapat melewati celah sekecil apapun, apalagi pada saat musim hujan dan air dalam jumlah banyak.

2.      Jika tembok yang rembes bersebelahan dengan kamar mandi, cek juga tembok kamar mandinya

Tembok bagian dalam kamar mandi biasanya dilapisi dengan keramik untuk mencegah percikan air agar tidak masuk ke tembok ruangan disebelahnya dan menyebabkan lembap atau berjamur. Cobalah mengecek bagian sela-sela keramik, perhatikan dengan teliti karena mungkin saja terdapat keramik yang lepas atau retak. Kalau memang ada yang retak, tambal kembali retakan tersebut dengan campuran semen putih dan lem. Gunakan lidi untuk memasukkan adonan ke bagian retakan dan hindari percikan air selama adonan belum kering.

3.      Cat tembok yang terkena air hujan secara langsung menggunakan cat waterproof

Setelah mengecek seluruh bagian tembok dan tidak ditemukan retakan, faktor usia bisa menjadi penyebab tembok yang rembes. Saat tembok sudah berumur, lapisan waterproofnya mungkin sudah tidak dapat bekerja dengan baik. Jika demikian, lapisi kembali tembok tersebut dengan cat waterproof. Atau, jika memungkinkan, pasanglah kanopi atau tanam pohon di dekat tembok untuk mengurangi dampak guyuran air hujan.

Demikian tips untuk mengatasi tembok yang rembes, semoga membantu J