Freon merupakan komponen penting dalam AC yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Apabila tidak dirawat secara teratur, akan ada beberapa masalah yang muncul. Masalah yang biasanya terjadi pada freon AC ada beragam, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah terjadi kebocoran pada freon. Yoobro dan Yoosis tau perbedaan antara freon yang normal dengan freon yang bocor? Berikut ini tanda-tanda jika freon AC mu bocor :

a.     Muncul bunga es pada pipa

Pipa yang dimaksudkan di sini adalah pipa sambungan antara indoor dengan outdoor atau yang biasa disebut dengan Nepple. Kondisi ini terjadi karena baut pada pipa yang kurang kencang atau pipa yang berkarat.

b.    Muncul oli

Kemunculan oli dapat terjadi dari dua tempat, yaitu dari pipa maupun kompressor. Kondisi ini terjadi karena adanya lubang pada bagian pipa maupun kompressor. Jika tanda ini terjadi pada Ac kalian, coba lakukan pengelasan papa bagian pipa yang berlubang. Namun jika yang bocor adalah kompresor, maka akan lebih baik jika diganti dengan yang baru.

c.     Muncul kristal es

Munculnya kristal es biasanya terjadi pada AC yang berusia lebih dari 8 tahun. Kondisi ini terjadi karena pipa AC yang bocor akibat perkaratan. Kristal es biasanya muncul pada unit indoor.

Nah itu dia ketiga tanda yang menunjukkan kalau freon di AC kalian bocor. Untuk memastikan apakah freon AC bocor atau tidak dapat dikakukan dengan cara pemvakuman. Sistem harus divakum dengan tekanan -30Psi. Jika sistem tidak mampu mencapai angka tersebut, kemungkinan besar freon pada AC kalian bocor. Kalau Yoobro dan Yoosis menemukan tanda-tanda tersebut di AC kalian, segera cek AC kalian yaa sebelum kerusakannya semakin bertambah. Tapi kalau bingung bagaimana caranya, langsung hubungi Yoofix aja. Dengan Yoofix, masalah AC Yoobro dan Yoosis bisa teratasi dengan mudah. Ac bermasalah? #Yoofixinaja