Pada awal tahun beberapa lokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dilanda banjir besar yang merendam ribuan rumah. Banjir tersebut menyebabkan sebagian warga harus mengungsi meninggalkan rumahnya dan kehilangan harta bendanya di rumahnya akibat tersapu arus banjir.

Jika rumah Anda terkena banjir, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk mebersihkan rumah dari kotoran yang masuk ke dalam rumah dan menempel pada barang-barang di rumah Anda.

Memilah Benda Penting

Hal pertama yang harus Anda lakukan, mulailah memilah benda di rumah Anda yang telah terkena banjir. Apabila ada beberapa barang furnitur yang terbuat atau berlapis kain, berpori yang dapat menyebabkan jamur itu mungkin perlu dibuang. Benda-benda kaca, plastik, logam yang tidak berkarat dan masih bisa dibersihkan bisa dipakai kembali.

Untuk barang seperti karpet, tidak cukup dengan dikeringkan karena tidak menghilangkan spora jamur yang mungkin masih menempel. Karpet bekas banjir yang kena jamur harus ditangani atau mungkin dibuang.

Amankan Dokumen Penting

Amankan foto-foto, buku, serta dokumen penting, bersihkan lalu simpan pada kantong plastik di dalam lemari es agar terhindar dari jamur dan kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan dan setelah itu dibersihkan.

Simpan juga surat-surat penting seperti ijazah, kartu keluarga, akte kelahiran, sertifikat rumah kedalam kantong plastik agar terhindar dari basah apabila banjir kembali melanda. Jika basah, dikeringkan di bawah sinar matahari dan jangan terlalu lama agar tulisan tidak luntur.

Bersihkan Bagian-Bagian Lembab

Pastikan semua permukaan lembab yang terkena banjir harus dibersihkan dan dikasih disinfektan atau dikeringkat sesegera mungkin. Bukalah ventilasi udara atau jendela agar rumah Anda tidak lembab serta gunakan selalu sarung tangan, masker dan pelindung mata saat melakukan bersih-bersih.

Proses membersihkan rumah tidak sebentar dan bisa membutuhkan waktu berhari-hari, gunakanlah kipas angin atau AC untuk mempercepat proses pengeringan dan memberikan sirkulasi udara bersih di rumah. Cek semua bau lembab, ada kemungkinan jamur tumbuh di dinding atau di balik celah-celah sempit.