Awal tahun 2020 mungkin bukan menjadi awal yang baik bagi beberapa orang, seperti beberapa daerah di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya yang terkena musibah banjir. Selain dirugikan secara materil, orang-orang juga harus menghentikan aktivitas mereka akibat banjir melanda rumah mereka. Dari banjir mulailah muncul permasalahan baru yang harus dihadapi, seperti rumah rusak, benda berharga hanyut terbawa arus, terserang penyakit, hingga merenggut korban jiwa akibat peristiwa banjir.

Penyebab Banjir

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab banjir terjadi. Selain tingginya intensitas curah hujan, ada juga hal-hal yang menyebabkan banjir terjadi seperti, minimnya pohon-pohon mampu menampung air agar masuk ke daam tanah dan tidak tergenang di dataran. Ada juga  aliran sungai yang tersumbat akibat menumpuknya sampah, drainase untuk menampung air yang berubah fungsi menjadi bangunan kokoh yang membuat air tidak tertampung dengan baik.

Antisipasi Banjir

Tidak ada yang tahu pasti kapan banjir akan terjadi kembali, dengan sousi mengantisipasi banjir yang akan datang diharapkan bisa meminimalisir kerugian dalam segi materil ataupun tidak. Di bawah ini ada beberapa hal dalam mengantisipasi banjir :

1. Selalu perhatikan media informasi terkait informasi cuaca seperti di televisi, radio ataupun portal media terpercaya lainnya.

2. Selalu siapkan peralatan keselamatan seperti baterai, senter, korek gas, lilin, selimut, tikar, jas hujan dan ban karet. Peralatan itu nantinya diharapkan mampu membantu aktivitas di dalam ruma selama banjir.

3. Selalu amankan barang-barang berharga seperti dokumen-dokumen penting dan hindarkan barang-barang alat elektronik ke tempat yang jauh lebih tinggi agar jauh terhindar dan tidak dapat dijangkau air.

4. Lindungi parabotan rumah yang berbahan material dari kayu dan kain seperti kursi, meja, gorden, sofa.

5. Selama musim hujan, selalu amankan stopkontak, kabel listri terhindar dari air agar menghindari tersengat arus listrik.

6. Siapkan makanan instan atau mudah saji seperti mi instan, beras, gula, kopi, teh.

7. Selalu sedia air bersih saat musim hujan tiba.

Itu adalah beberapa kemungkinan yang harus disiapkan dalam mengantisipasi banjir apabila terjadi nanti.