Laron- yang sebenarnya adalah rayap dewasa yang memiliki sayap, merupakan hewan yang sering muncul saat musim hujan. Saat musim hujan, udara di dalam tanah tempat tinggal laron menjadi lebih lembab. Itulah mengapa laron banyak ditemukan saat musim hujan, karena laron tidak menyukai tempat lembab. Saat tempat tinggalnya lembab, laron kemudian keluar untuk mencari sumber panas. Biasanya, laron suka mengerubungi lampu. Hal itu terkadang membuat kita merasa terganggu. Lalu, bagaimana cara mengusir laron dari rumah tanpa harus mematikan lampu? Yuk simak tips berikut ini!

Gunakan baskom berisi air

Ketika laron mengerubungi lampu, letakkan baskom berisi air tepat dibawah lampu tersebut. Air yang berada pada baskom akan memantulkan cahaya, sehingga laron tertarik menghampirinya yang kemudian akan membuat laron terjebak di air dan kemudian mati.

Gantung cabai merah

Cara ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun faktanya, cabai merah dapat mengusir laron. Belah beberapa cabai merah besar menjadi dua bagian kemudian gantungkan di dekat lampu yang dikelilingi laron. Bau cabai yang tajam akan membuat laron merasa tidak nyaman kemudian laron pun akan pergi  menjauh.

Pasang lampu anti laron

Cara praktis untuk membasmi laron adalah dengan memasang lampu anti laron. Yoobro & Yoosis dapat membeli lampu ini di toko elektronik. Cara kerjanya mudah, ketika dinyalakan lampu ini akan menarik laron untuk mendekat. Namun, suhu panas yang dihasilkan lampu tersebut akan langsung membunuh laron di tempat.

Semprotkan insektisida

Saat kerumunan laron mulai terlihat, arahkan insektisida pada kerumunan tersebut kemudian semprotkan. Sebelum menyemprotkan insektisida, jangan lupa gunakan masker yaa Yoobro & Yoosis!

Dari beberapa cara diatas, mana yang akan kalian coba?