Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang kerap ditemukan di rumah. Banyak yang mencari cara agar bisa membasmi hewan yang dianggap sebagai hama tersebut. Namun ada juga yang membiarkan tikus-tikus tersebut berkeliaran bebas karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi tahukah kalian kalau tikus bisa menyebabkan penyakit berbahaya?

Simak uraian berikut ini :

1.    Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang muncul karena adanya bakteri Leptospira interrogans yang terdapat di dalam tubuh tikus. Bakteri tersebut biasanya bertahan hidup di dalam ginjal tikus yang sudah terinfeksi. Cara penyaluran penyakit Leptospirosis adalah melalui air atau tanah yang sudah terkontaminasi urine tikus. Beberapa gejala penyakit leptospirosis antara lain, Demam, Sakit kepala, Diare, dan Ruam. Gejala tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba, sekitar 2 minggu setelah pengguna terinfeksi, bahkan ada yang baru muncul setelah 1 bulan.

2.    Rat Bite Fever (RBF)

Merupakan peyakit demam parah yang terjadi karena adanya bakteri Spirillum Minus atau Streptobacillud moniliformis yang desebarkan oleh hewan pengerat terutama tikus. Penyakit ini mucul dari bakteri yang terdapat di dalam air seni dan juga lendir yang dikeluarkan oleh tikus. Biasanya penyakit RBF mucul jika seseorang digigit oleh tikus. Namun jangan salah, penyakit ini juga bisa menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi air seni ataupun lendir tikus.

3.    Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS)

Berbeda dengan dua penyakit sebelumnya yang disebabkan oleh bakteri, penyakit Hantavirus disebabkan oleh virus. Hantavirus merupakan penyakit pernapasan serius yang ditularkan oleh tikus ke manusia melalui air liur, gigitan, urin, kotoran tikus bahkan melalui debu yang sudah terkontaminasi.  Penyakit ini kerap disalahartikan sebagai flu pada umumnya dengan gejala seperti panas dingin, pusing, mual, serta demam. Jika dibiarkan saja, akan menyebabkan pernafasan si penderita menjadi memburuk hingga kematian.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh tikus. Itulah sebabnya mengapa pembasmian tikus sangat perlu dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi tikus. Namun jika kalian masih bingung bagaimana caranya, kalian bisa langsung menghubungi Yoofix untuk menyelesaikan masalah tikus tersebut. Dengan Yoofix, masalah tikus yang kalian hadapi akan terselesaikan dengan mudah! Butuh solusi tentang pembasmian tikus dan hama lainnya? #Yoofixin aja