Jika memiliki AC di rumah, Anda tentu rutin memperbaiki atau melakukan pengecekan rutin secara berkala. Anda mungkin memerlukan layanan jasa tukang servis AC, karena mereka memang lebih mengerti di bidangnya. Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan AC ditambah dengan jasa si tukang servis AC.

Akan tetapi, diperlukan ketelitian bagi Anda untuk memilih layanan jasa tukang servis AC yang terpercaya. Pasalnya ada tukang servis AC ‘nakal’ yang sering menipu konsumennya demi mencari keuntungan yang tidak seharusnya ia dapatkan. Di bawah ini merupakan cara curang oknum tukang servis AC yang perlu Anda ketahui :

Menambahkan Biaya Perbaikan Hingga Menambah Kerusakan Pada AC

Ketika menghubungi tukang AC, pastikan Anda setidaknya mengetahui permasalahan pada AC Anda. Jangan tiba-tiba menyetujui apapun yang diucapkan oleh si tukang servis AC dan lepas tangan begitu saja. Hal ini yang paling sering disenangi oleh oknum tukang servis AC apabila mendapatkan konsumen yang kurang paham akan masalah AC.

Biasanya oknum tukang servis AC akan menginfokan kepada Anda bahwa AC-nya perlu mengganti freon. Harga mengganti freon AC beragam, mulai dari 300-400 ribu tergantung tipe AC yang digunakan. Jika AC di rumah Anda dirasa masih dingin, sebaiknya tidak perlu mengganti freon AC. Oknum tukang servis AC rata-rata meraup keuntungan dari ketidaktahuan konsumennya.

Ketika Anda sudah menolak tawaran mengganti freon AC, oknum tukang servis AC ini tidak kehilangan akal seperti memiliki 1001  cara agar mendapat keuntungan. Seperti yang pernah dialami Daniel Antonio yang merupakan dosen di salah satu universitas swasta. Ia pernah dikerjai oleh oknum tukang servis AC yang melakukan cara curang kepada Daniel.

Singkat cerita dia sudah menghubungi layanan jasa tukang servis AC yang tertera di brosur yang Daniel dapatkan. Tukang servis AC ini datang melakukan pengecekan AC dan memberitahu kepada Daniel bahwa AC freonnya harus diganti. Namun ia tidak mau mengganti freon AC-nya karena beranggapan AC-nya masih dingin seperti biasa.

Beberapa lama berselang sesudah AC diservis, anak Daniel menghidupkan AC yang baru saja diperbaiki. Namun, AC-nya tidak kunjung dingin dan justru hanya keluar udara hangat dari dalam AC. Daniel yang mengetahui hal tersebut lantas menghubungi tukang servis AC yang berbeda dengan tujuan memastikan apakah AC-nya bermasalah atau tidak.

Setelah dilakukan pengecekan pada AC, Ternyata saluran freon pada perangkat outdoor AC tertutup dan angin tidak bisa mengalir hingga ke ruangan. Daniel pun mencurigai ini ulah tukang servis AC yang sebelumnya ia gunakan jasanya yang mungkin tidak senang dengan Daniel.

Daniel langsung menghubungi si oknum tukang servis AC tersebut untuk datang ke rumahnya. Dikira jasanya akan digunakan, oknum tukang servis AC justru dimintai pertanggung jawaban dan mendapat makian dari Daniel karena berniat untuk menipu dalam melayani jasa kepada konsumen.

Pentingnya Menggunakan Layanan Jasa Terpercaya

Pentingnya untuk Anda dalam selektif menggunakan layanan jasa tukang servis AC terpercaya agar tidak mengalami hal yang dialami Daniel. Ada layanan jasa aplikasi Yoofix yang sudah bisa diunduh melalui Play Store dan App Store. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi tinggal menekan menu service AC dan pilih untuk melakukan perawatan AC atau Instalasi AC. Akan ada fixer yang siap datang ke tempat Anda.